Jan 2, 2009

Pengeluaran MIDP 1.0

Walaupun dengan kondisi tidak memungkinkan akhirnya aplikasi perhitungan pengeluaran untuk Hand Phone dengan Java MIDP 1.0 yang saya kasih nama Pengeluaran V1.0 saya release juga dalam versi beta 1. Walaupun masih banyak kekurangan terutama pada bagian update data dimana bagian tersebut belum bisa digunakan, tetapi saya sangat berharap release beta 1 ini bisa dijadikan batu loncatan untuk menuju aplikasi pengeluaran yang lebih sempurna.
Tetapi memang saya dan mungkin kita semua harus berduka dengan meninggalnya HP NGage QD yang selama ini saya jadikan target device pengembangan aplikasi khususnya untuk Symbian C++, beberapa hari yang lalu ketika aplikasi pengeluaran MIDP 1.0 masih pada bagian penginputan data pada pendapatan, NGage masih bisa bekerja walaupun sudah pincang, tetapi ketika aplikasi pengeluaran MIDP 1.0 saya putuskan untuk release ternyata aplikasi tidak bisa diuji coba pada real device. Tapi kurang lebih aplikasi mempunyai tampilan sebagai berikut.




Untuk download click di sini. JAD, JAR

Untuk installasi aplikasi ikuti langkah berikut :
1. Install Aplikasi dengan mengkopikan file jad dan jar ke memori card, kemudian lakukan installasi.

2. Pilih Yes untuk menginstall aplikasi pengeluaran.

3. Pilih M.card sebagai media penyimpanan aplikasi pengeluaran hasil installasi.

4. Dari Application pilih pengeluaran.

5. Lakukan pemasukan data pemasukan lengkap keterangan jumlah dan tanggal.

6. Dari Option pilih Save untuk menyimpan data pemasukan.

7. Hasil data dari pemasukan akan tampil pada list ketika softkey back dipilih.

8. Untuk memasukan data pengeluaran dari menu utama pilih Pengeluaran.

9. Tampilan utama aplikasi yang memberikan informasi mengenai jumlah pemasukan dan pengeluaran, sehingga didapat jumlah maksimal uang yang bisa dibelanjakan


Saya berharap akan ada feed-back yang nantinya bisa saya jadikan acuan untuk perbaikan aplikasi ini. Pada awal pembuatan aplikasi pengeluaran ini, sebenarnya saya berencana untuk menjualnya apabila aplikasi sudah stabil dan memenuhi feature yang dibutuhkan pengguna, tetapi dengan berjalannya waktu saya berubah pikiran dan akan saya berikan gratis dan Insya Alloh dengan dukungan penuh termasuk sorce code (untuk source code mohon mengirim email ke wawan_redhat@yahoo.com berserta data diri).
Untuk pemberitahuan saja. Rencana setelah aplikasi pengeluaran release, saya akan mengembangkan aplikasi yang saya sebut "Friend Card" yang berguna untuk saling tukar informasi diri antar pemilik handphone dengan dukungan Java MIDP 1.0 melalui fasilitas bluetooth, dan rencananya engine dari aplikasi ini akan saya share dalam sebuah buku. Nahhh entar gimana bukunya apakah akan dicetak oleh sebuah penerbit atau saya bagikan gratis dalam bentuk PDF itu masih jadi pertimbangan. Kalau fasilitas bertukar data diri saja mungkin sudah biasa, tetapi saya akan menanamkan feature jejaringan sosial dalam aplikasi ini, sehingga nantinya data diri dan data teman bisa di share melalui internet layaknya friendster maupun facebook. Tetapi berbeda dengan friedster maupun facebook yang dimungkinkan mencari teman melalui internet tanpa bertatap muka, aplikasi Friend Card akan membatasi pertemanan hanya akan dilakukan bila telah terjadi pertukaran data melalui HandPhone dengan bluetooth, sehingga saya berharap aplikasi Friend Card bisa dijadikan media pertemanan yang sebenarnya dalam dunia nyata maupun dunia maya.
Ali Tarmuji said...

Wah sip mas. bisa dimasukkan di FOSS (free Open Source Software) tuh karya mas Hendrawan.
Maju terus...
Materi source-nya bisa untuk memotivasi yg lagi ngambil Pemrograman C++ nich.

NR Technology said...

Wahh sayangnya saya make java MIDP bukan C++. Ok lahh kalau butuh source code langsung email saja. Terima kasih untuk respon nya

Unknown said...

mas bisa kirimin souce coding dong, buat pembelajaran ke email saya danilsyaharihardjo@gmail.com.
ditunggu mas hehehhe

NR Technology said...

Aplikasi lama itu ohm... source code nya udah gak ada. Maaf

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search